TAHUN 2010, VISI MISI PROGRAM KB DI REVITALISASI

Posted: Maret 7, 2010 in Berita

Di tahun 2010 yang merupakan tahun pertama dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, BKKBN sebagai institusi yang memiliki tugas dan tanggung jawab menyukseskan program KB di Indonesia, telah merevitalisasi visi dan misinya dalam rangka lebih mendukung pencapaian hasil yang optimal pasca terbitnya UU No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Visi dan misi BKKBN sekarang ini adalah “Penduduk Seimbang 2015” dan “Mewujudkan Pembangunan yang Berwawasan Kependudukan dan Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera” yang merupakan hasil revitalisasi visi misi sebelumnya yakni “Seluruh Keluarga Ikut KB” dengan “Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dengan visi misi baru tersebut: Pertama, mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan kebijakan kependudukan guna mendorong terlaksananya pembangunan nasional dan daerah yang berwawasan kependudukan. Kedua, mewujudkan penduduk tumbuh seimbang melalui pelembagaan keluarga kecil bahagia sejahtera.
Demikian dikatakan oleh Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berecana dan Kesehatan Reproduksi, Drs. Mardiya, pada pertemuan Pembinaan Lengkap (Binkap) Penyuluh KB yang dihadiri Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo Drs.Krissutanto, Kabid KB Drs. HM Dawam, Kabid KS Drs. harminto, MM dan para Kasubid di Ruang Rapat BPMPDP dan KB Watulunyu – Wates, Sabtu (6/3). Dalam penjelasan selanjutnya, Mardiya mengatakan bahwa dengan adanya visi misi yang telah direvitalisasi maka sasaran strategisnya menjadi berubah yang tentunya ke arah yang lebih intensif dan berkualitas. Bila dalam RPJMN 2005-2009 Total Fertility Rate (TFR) dipatok 2,2 dengan Laju Pertumbuhan Penduduk 1,14 persen maka dalam RPJMN 2010-2014 TFR diarahkan pada terkendalinya jumlah dan Laju Pertumbuhan Penduduk (LPP) yang ditandai dengan TFR 2,1 dan Net Reproduction Rate (NRR) = 1. Kondisi tersebut merupakan pencerminan dari pertumbuhan penduduk seimbang di mana LPP ada keseimbangan dan keserasian dengan pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial dan sebagainya.
Menurut Mardiya, sasaran strategis lain dilevel nasional adalah meningkatnya Contraseptive Prevalence Rate (CPR) cara modern dari 57,4 persen menjadi 65,0 persen dan menurunnya kebutuhan ber KB tidak terlayani/unmet need dari Pasangan Usia Subur (PUS) dari 9,1 persen menjadi 5,0 persen. Selain itu, menurunnya Age Spesific Fertility Rate (ASFR) 15-19 tahun dari 35 menjadi 30 per 1000 perempuan, meningkatnya median usia kawin pertama perempuan dari 19,8 menjadi 21 tahun, menurunnya kehamilan tidak diinginkan dari 19,7 persen menjadi 15 persen, meningkatnya Peserta KB Baru (PB) pria dari 3,6 persen menjadi 5 persen, juga meningkatnya kesertaan ber-KB PUS Keluarga Pra Sejahtera dan KS I anggota kelompok usaha ekonomi produktif dari 85,7 persen menjadi 87 persen dan Bina Keluarga menjadi 70 persen. Sasaran strategis lainnya adalah meningkatnya partisipasi keluarga mempunyai anak dan remaja dalam Bina Keluarga Balita (BKB) dan Bina Keluarga Keluarga Remaja (BKR), menurunnya disparitas TFR, CPR dan unmet need antar wilayah dan antar sosial ekonomi (tingkat pendidikan dan ekonomi), meningkatnya keserasian kebijakan pengendalian penduduk dengan pembangunan lainnya, terbentuknya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Daerah (BKKBD) di 435 Kabupaten/Kota serta meningkatnya jumlah Klinik KB yang memberikan pelayanan KB sesuai SOP (informed consent) dari 20 persen menjadi sebesar 85 persen.
“Dengan adanya visi misi baru BKKBN Pusat tersebut sudah barang tentu Satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengampu program KB di Kabupaten/Kota harus ikut menyesuaikan, terutama yang berkaitan dengan tiga fokus prioritas pembangunan kependudukan dan KB yakni revitalisasi program KB, penyerasian kebijkan kependudukan dan peningkatan penyediaan dan kualitas data dan informasi kependudukan,” kataya.

Sumber berita: Drs. Mardiya
Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo. HP. 081328819945

About these ads
Komentar
  1. roshita sari mengatakan:

    selamat malam pak.
    saya roshita sari, mahasiswa UAJY FISIP Komunikasi dengan konsentrasi studi HUMAS. saat ini saya sedang mengerjakan skripsi mengenai strategi PR BKKBN. saya sudah menghubungi ibu hedi sudiati, kasi Advokasi dan KIE serta mendapatkan data2 yang saya butuhkan untuk skripsi saya. untuk mendukung data yang telah saya kumpulkan bolehkah saya meminta data mengenai program dan kegiatan KB yang riil di kabupaten kulonproggo, serta meminta bapak supaya berkenan untuk memberikan testimonial ataupun analisis mengenai perubahan logo dan slogan baru BKKBN dan dampak/efek yang diharapkan setelah logo dan slogan tersebut diganti, apakah logo dan slogan tersebut sudah disosialisasikan hingga grass root, hambatan serta tantangan PLKB/ PKB dalam melaksanakan tugasnya.
    Untuk perhatian dan bantuan bapak saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya
    hormay saya
    roshita sari

  2. wahid.aabdul mengatakan:

    kami dari petugas lapangan kb tolong dipikirkan masalah kantor uptb kb ditingkat kecamatan karena selama ini keberadaan kantor uptb tingkat kecamatan seringkali dipindah pindahkan dan supaya layak kantorannya. selama ini kurang nyaman karena hanya untuk 1 orang uptb kb saja

  3. wahid.aabdul mengatakan:

    kalau memberikan motor baru kepada petugas lapangan kb mampu tetapi untuk pemberian gedung kantor uptb tidak mampu bagaimana. masih mendingan dibangunkan gedung uptb kecamatan dari pada dibelikan motor. menurut aku dari orang lapangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s